Makanan Kuliner Kue Klepon | Jajanan Khas Indonesia

kue klepon

Membahas tentang jajanan pasar tradisional khas di Indonesia tidak pernah mencapai ujungnya. Karena selalu ada jajanan baru yang muncul setiap harinya. Seperti bikang, onde-onde, lumpia, weci, tahu isi, menjes, pisang goreng, apem, cenil, risoles, cucur, dadar gulung, dan masih banyak lainnya. Pada kesempatan ini kami akan membahas salah satu dari jajanan kuliner khas Indonesia yang cukup terkenal di masyarakat, yaitu klepon.

Klepon adalah jajanan kuliner pasar tradisional Indonesia yang memiliki rasa yang manis dan legit. Bahan dasar dari pembuatan kue klepon ini adalah tepung beras ketan yang diberi pewarna hijau atau putih. Kemudian diisi dengan gula merah dan digulung hingga membentuk bola-bola kecil. Setelah itu, bola-bola akan direbus dalam air mendidih dan dibaluri dengan parutan kelapa. Seiring berkembangnya makanan ini, Klepon tidak hanya bisa ditemui di Indonesia saja, bahkan Malaysia, Brunai, dan Singapura juga ada.

Penamaan klepon sendiri hanya digunakan di daerah Jawa. Untuk daerah Sumatra dan Malaysia, klepon lebih dikenal dengan sebutan Onde-onde. Padahal di Jawa, nama onde-onde berbeda dengan klepon. Onde-onde di Jawa merupakan jajanan yang terbuat dari tepung beras dan berisi adonan kacang hijau yang dibaluri biji wijen dan kemudian digoreng. Karena perbedaan penamaan itulah terkadang sering terjadi kesalahpahaman dan kerancuan ketika menyebut dan mengartikan onde-onde.

Awal mula klepon yang dibuat dengan warna hijau, Seiring perkembangan, klepon dibuat dengan menggunakan warna-warna lainnya sehingga terlihat lebih menarik. Bahkan isinya kini tidak lagi hanya gula merah, ada yang berkreasi mengisi kue klepon dengan rasa coklat, strawberry, nanas, atau aneka rasa lainnya. Jika anda ingin mencoba membuat kue klepon anda sendiri, berikut ini kami bagikan resep-resep kue klepon yang dapat membantu anda

Resep Makanan Kuliner Kue Klepon

Bahan utama

  • Tepung beras ketan 250 g
  • Tepung beras 50 g
  • Air mineral 1350 ml
  • Daun pandan secukupnya
  • Garam 1 sdt
  • Kelapa buah, parut kemudian kukus
  • Gula merah secukupnya, sisir halus
  • Gula pasir 3 sdm

Cara Membuat Kuliner Kue Klepon

  1. Siapkan wadah bersih untuk menguleni adonan.
  2. Daun pandan yang sudah dibersihkan kemudian blender dengan 200 ml untuk dijadikan pewarna alami. Sisihkan.
  3. Masukkan tepung beras ketan, tepung beras, dan garam. Aduk hingga tercampur sempurna.
  4. Tuang sedikit demi sedikit air pewarna, tuang sambil terus diaduk.
  5. Kemudian tuang sedikit demi sedikit air mineral 150 ml, tuang sambil terus diaduk. Jika adonan dirasa sudah cukup kental maka tidak perlu ditambahi air. Aduk hingga adonan hingga mencapai kekentalan yang pas untuk kemudian dibentuk dan diisi dengan gula merah.
  6. Ambil sedikit adonan, pipihkan, dan beri sedikit gula merah yang sudah disisir sebelumnya. Tidak usah terlalu banyak agar nanti ketika direbus tidak meluber keluar.
  7. Bentuk adonan menjadi bola-bola.
  8. Ulangi poin 6 dan 7 hingga adonan habis.
  9. Rebus 1 L air, tunggu hingga mendidih.
  10. Masukkan klepon yang sudah dibentuk. Tunggu hingga klepon mengapung.
  11. Sembari menunggu klepon matang, siapkan parutan kelapa. Campur parutan kelapa dengan gula pasir dan garam secukupnya. Sisihkan.
  12. Tiriskan klepon yang sudah mengapung. Lalu gulingkan atau taburi klepon dengan parutan kelapa.
  13. Klepon siap disajikan. Lebih enak dimakan selagi masih hangat.